have you found it? go search here!

Oct 31, 2007

Ingatkah?

Ibu2 dan tidak menutup kemungkinan juga bapak2 =), masih inget ngga cerita saya mengenai The wonder of ASI, bisa di klik disini, nah ada lanjutannya lagi nih moms.....
Jadi begini ceritanya:
Kemarin mba Nti’kan baru mudik ke kampungnya....secara lebarankan, nah, pada saat dia kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi *opo sih* maksudnya...pada saat dia balik lagi ke Jakarta setelah hampir 2 minggu di kampung, saya tanya lagi sama dia...
M (mimom): gimana ponakanmu yang dititipin ke ibumu, udah umur berapa dia?
N (mba Nti): udah 3 tahun bu...udah gede banget
M: masih suka –sori- nete ngga ke ibumu?
N : masih, tapi udah ngga sesering dulu, kalo mau tidur aja, masih keluar loh bu asinya... saya pencet –sori lagi- pentilnya ibu saya masih keluar bu...
And mimom was like wwwwwooooooootttttttttt?

Jadi moms and pops, and whoever is reading this blog.....ternyata memang keajaiban Tuhan tuh nyata banget, jadi untuk ibu2 yang dengan penuh perjuangan sedang menyusui....*dan saya tau bahwa perjuangan menyusui itu luar biasa susahnya, karena berhadapan dengan kantuk, lingkungan sekitar yang kurang mendukung ASI misalnya, atau bahkan sang ibu yang merasa ASInya kurang dll* jangan menyerah yah...... segera cari bantuan kalau memang menghadapi berbagai problema seputar menyusui, yang saya tau itu tidak mudah, karena kita ngga cukup hanya sekedar punya pengetahuan untuk menyusui saja, tapi kita juga perlu dukungan orang2 sekitar kita juga, dan yakin pada diri sendiri...sayapun pernah menghadapi masalah2 seperti itu, kurang PD, merasa ASI kurang memadai, dan suara2 di sekitar *secara saya dan suami dulu bayi formula, jadi ibu2 kami tidak tahu bagaimana memberikan ASI, yang mana saya juga tidak menyalahkan mereka* yang sering berkata “ bayi kamu kurang minum tuh, nangis mulu” dan lain sebagainya...dan lain sebagainya.......
Saya tidak katakan bahwa saya adalah ibu yang berhasil menyusui anaknya sampai 6 bulan atau bahkan lebih, karena yang saya katakan tadi, pengetahuan mengenai ASI saja tidak cukup, kita perlu orang2 yang bersedia untuk mendengarkan tentang problema2 kita dalam menyusui dalam prakteknya, dan tidak hanya sekedar tau dari membaca saja. Bisa dengan mengikuti milis2 yang sekarang bertebaran di internet, bisa juga mungunjungi conselor2 ASI dan sekarang ada organisasinya loh mengenai ASI ini. Dulu saya belom tau tuh yang gitu2 *saya sebut dengan jaman kegelapan* walhasil, ASI jadi putus di tengah jalan karena masalah2 yang sudah saya sebutkan tadi diatas, dengan alasan yang terdengar sangat klise pada saat ini pada saat saya sudah mengetahui soal ASI dalam prakteknya, tapi tidak sama sekali terdengar klise pada saat dulu saya baru saja melahirkan anak saya yaitu “ASI aku kok kurang ya?”.....mostly...hal ini terjadi pada ibu2, merasa ASInya kurang.....sigh...andai saja dulu saya tau dan agak ‘pinter’, bahwa ASI itu tidak pernah kurang pada seorang ibu, tapi ASI itu keluar karena ‘on demand’ dari si bayi.....
Nah moms.....artikel ini saya tulis untuk menyemangati moms’ yang kurang lebih mempunyai problema seperti saya dulu, moms bisa membaca problema2nya disini......untuk anak kedua nanti, karena jaman kegelapan telah lewat...hehehehehe, saya sudah tau apa yang harus saya lakukan! Ssiiiipppppp....

No comments: